Ahmad Garuda
Tuas tambahan yang posisinya berada di bawah tuas kopling di motor Yamaha M1 Jorge Lorenzo. |
Sepang - Yamaha Racing MotoGP kembali melakukan riset komponen yang tak bisa mereka sembunyikan. Yaitu tuas tambahan di motor Yamaha YZR-M1 milik Jorge Lorenzo di sesi tes resmi pra musim kedua MotoGP 2015 di Sepang, Malaysia awal pekan ini.
Meski awalnya mereka merahasiakan hal tersebut, namun akhirnya tim
Yamaha MotoGP secara terang-terangan mengatakan bahwa itu adakan
komponen tambahan untuk melakukan pengereman. Hal ini diungkapkan
langsung oleh Massimo Meregalli selaku direktur tim Yamaha Racing
MotoGP.
“Itu adalah tuas untuk melakukan pengereman. Tapi tidak dioperasikan oleh jempol, karena sistem operasinya dengan cara ditekan dari bagian atas ke bawah,” ujar pria yang akrab disapa dengan Maio itu.
Sayangnya ia tidak menjelaskan bagaimana sistem tersebut bekerja. Apakah seperti sistem pada pengereman combi brake system (CBS), ataukah murni hanya untuk bagian belakang saja? tentu itu adalah rahasia. Tapi jika itu mereka aplikasikan, maka kemungkinan akan mempermudah proses deselerasi.
Tapi jelas ini bukan kali pertama sistem pengereman ditempatkan di posisi yang sama dengan tuas kopling. Mick Doohan dan Tom Sykes juga pernah melakukannya. Apakah itu akan sangat berguna saat balapan, jelas Yamaha dan Jorge Lorenzo belum memberikan keterangan tentang hal tersebut.
“Itu adalah tuas untuk melakukan pengereman. Tapi tidak dioperasikan oleh jempol, karena sistem operasinya dengan cara ditekan dari bagian atas ke bawah,” ujar pria yang akrab disapa dengan Maio itu.
Sayangnya ia tidak menjelaskan bagaimana sistem tersebut bekerja. Apakah seperti sistem pada pengereman combi brake system (CBS), ataukah murni hanya untuk bagian belakang saja? tentu itu adalah rahasia. Tapi jika itu mereka aplikasikan, maka kemungkinan akan mempermudah proses deselerasi.
Tapi jelas ini bukan kali pertama sistem pengereman ditempatkan di posisi yang sama dengan tuas kopling. Mick Doohan dan Tom Sykes juga pernah melakukannya. Apakah itu akan sangat berguna saat balapan, jelas Yamaha dan Jorge Lorenzo belum memberikan keterangan tentang hal tersebut.
0 comments:
Post a Comment